PPDH

PPDB PPS Darul Hijrah Karimun Gelombang 2 T.P 2022/2023

Bismillah,

Alhamdulillahi Rabbil 'alamin, segala puji bagi Allah Subhana wa ta'ala, Rabb semesta alam. Shalawat serta salam semoga senantiasa tertuju untuk Rasulullahi Shallallahu 'alaihi wa sallam, kemudian untuk Keluarga-Keluarga Beliau, Sahabat-Sahabat Beliau dan Orang-Orang yang senantiasa mengikuti Beliau dengan baik hingga hari akhir nanti.

Kembali dibuka pendaftaran santri Baru Pondok Pesantren Darul Hijrah angkatan ke-5 Tahun Ajaran 2022/2023.

Bagi Orangtua yang ingin mendaftarkan Putra/ Putrinya ke Pondok Pesantren Darul Hijrah dapat dilakukan dengan tatacara sebagai berikut:

1. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 150.000,- 

   - Pembayaran dapat dilakukan melalui transfer Bank BSI ke 1333334438 (Atas Nama PPS Wustha Darul Hijrah)

   - Pembayaran melalui transfer Selain Bank BSI ke (451) 1333334438 (Atas Nama PPS Wustha Darul Hijrah)

2. Foto Bukti Transfer

3. Mengisi Formulir Pendaftaran Secara Online pada link http://karzam.or.id/formulir

 

Selanjutnya, calon santri  yang telah berhasil mendaftar dan memenuhi persyaratan pendaftaran, diwajibkan mengikuti Ujian seleksi Berbasis Komputer (CAT) pada hari AHAD/ MINGGU dalam setiap pekannya di Pondok Pesantren Darul Hijrah Karimun(link lokasi pondok https://goo.gl/maps/h7yNUymuvUYXjR86A)Santri yang mengikuti Ujian pada hari Ahad adalah seluruh santri yang telah terdaftar pada rentang hari Ahad sampai dengan hari Sabtu sebelumnya.

Sebagai Informasi tambahan yang perlu diketahui oleh Orangtua, pada Tes seleksi ini, santri tidak diperlukan untuk mempersiapkan ujian dengan mempelajari seluruh materi pelajaran yang diujiankan. Syarat Utama yang harus dipenuhi calon santri adalah memiliki kemampuan Membaca Al-Qur'an, Kemampuan Baca Tulis, dan Kemampuan Perhitungan Dasar.

Materi Seleksi:

1. Tes Kemampuan Penalaran Dasar 

- Bahasa Indonesia

- Matematika

- IPA

- IPS

- Fiqh

- Bahasa Arab

2. Tes Simulasi Hafalan Qur'an

3. Tes Keperibadian Santri

4. Wawancara Walisantri

Pengumuman Hasil Ujian akan diumumkan melalui beberapa media, diantaranya melalui website karzam.or.id, broadcast dari WhatsApp (WA) atau melalui pesan singkat ke nomor masing-masing wali calon santri. Santri yang dinyatakan lulus diharuskan untuk memvalidasi data dengan melakukan Pendaftran Ulang 1 hari setelah menerima pengumuman hasil ujian.

 

Berikut beberapa persyaratan yang harus dipenuhi ketika melakukan pendaftaran ulang:

1. Membawa Kartu Ujian Santri dan Mengisi Formulir Daftar Ulang Santri.

2. Pas Foto 3x4 dan 4x6 masing-masing 4 lembar.

3. Foto Kopi Raport terakhir SD/ MI (kelas 4, 5 dan 6) dan Ijazah (bagi santri yang telah diterbitkan ijazahnya dari sekolah asal).

4. Kartu NISN

5. Foto Kopi KTP dan KK (Kartu Keluarga) Orang Tua Santri 2 rangkap.

6. Semua data dijadikan dalam satu bundel ( Laki-Laki-Map Hijau dan Perempuan-Map Merah Muda).

 

Ketika melakukan pendaftaran ulang diharuskan bagi setiap calon santri melunasi seluruh Biaya Pendaftaran Ulang yang meliputi:

1. Uang Pembangunan: Rp. 1.700.000,-

2. Lemari: Rp.900.000,-

3. Buku:Rp.1.000.000,-

4. Baju:Rp.800.000,- (Putra)

           : Rp. 1.000.000,-(Putri)

5. SPP (1 Bulan Pertama):Rp.800.000,-

6. Ujian/ Tahun + Rapor : 300.000,-

7. Asrama/ Tahun : 200.000,-

8. Sewa Ranjang/ Tahun : 300.000,-

Total________Rp. 6.000.000,- /Rp. 6.200.000,-

 

Seluruh santri yang telah melakukan daftar ulang akan memasuki Tahun Ajaran Baru Pondok Pesantren Darul Hijrah pada tanggal Juli 2022.

 

Tenaga Pengajar Pondok Pesantren Darul Hijrah:

1. Lulusan S1 Pendidikan Agama Islam (5 Orang) - Alumnus Pondok Pesantren Al-Furqan Pekanbaru dan Gontor.

2. Lulusan S1 Pendidikan (5 Orang) - Mata Pelajaran Umum

3. Lulusan S1 Hukum (1 Orang) - Mata Pelajaran Umum (PKN)

4. Lulusan S1 Teknik (Matematika Terapan, Teknik Informatika, Teknik Sipil) (4 Orang) - Mata Pelajaran Umum

5. Lulusan S1 Sosial (2 Orang) - Alumnus Pondok Pesantren

6. Alumnus dan Santri Pengabdian Pondok Pesantren Al-Furqan Al-Islamiyah Pekanbaru - Sebagai tenaga pembantu penggerak Kegiatan Kesantrian, Program Bahasa Arab dan Al-Qur'an.

 

Fasilitas dan sarana pendukung Pondok Pesantren Darul Hijrah:

1. Pondok pesantren yang berdiri secara legal dan telah mendapatkan pengesahan dari pemerintah (Kementrian Agama)

- Telah mendapatkan Nomor Statistik Pondok Pesantren (NSPP : https://ditpdpontren.kemenag.go.id/pdpp/searchpp?search=510321020017).

- Telah mendapatkan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN : https://referensi.data.kemdikbud.go.id/tabs.php?npsn=69989206). 

- Telah terdaftar sebagai Pondok Pesantren Salafiyah yang menerapkan Program Wajar Dikdas Kementrian Agama.

2. Masjid yang Luas dan nyaman (18 m x 18 m)

3. Asrama yang sangat layak dan memadai.

Dilengkapi dengan : Ranjang (1 Santri 1 Ranjang + Kasur Tidur), Toilet dan Kamar Mandi di dalam asrama, Kipas Angin dan Lemari(klik link berikut untuk melihat Foto Fasilitas).

4. Sarana mengajar dan administrasi berbasis teknologi.

5. Pengelolaan keuangan santri(Uang belanja harian, Kebutuhan Pokok, Denda Pelanggaran dan lain-lain) berbasis teknologi, terkontrol, transparan dan terhindar dari resiko kehilangan.

6. Lingkugan dan suasana yang Asri dan Indah.

7. Kantin Berbasis Teknologi

8. Lapangan Olahraga

 

 Adapun Program Utama Pondok Pesantren Darul Hijrah adalah:

1. Program Tahfidzul Qur'an 1 Semester 1 Juz

2. Penguasaan Bahasa Arab dari sisi penulisan muapun lisan.

3. Muhadhoroh (Pidato dalam 3 Bahasa, Arab, Indonesia, Inggris)

4. Program Kesehatan (Pengawasan Kesehatan oleh Puskesmas Kecamatan secara berkala, Olah Raga dan Bela Diri)

 

Link Dokumentasi Pondok Pesantren Darul Hijrah

 

Link Dokumentasi Kegiatan Santri

 

Demikian Informasi terkait pendaftaran santri baru Pondok Pesantren Darul Hijrah, mengenai Informasi terkait pendaftran dan Pondok Pesantren Darul Hijrah dapat ditanyakan melalui kolom komentar di bawah, melalui WhatsApp, telepon, ataupun bisa datang langsung ke Pondok Pesantren Darul Hijrah.

Jazakumullah Khaira.